RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA 1 Mojokuto
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Program : IPS/ Ilmu Pengetahuan Sosial
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.
Indikator :
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi dan stratifikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
· Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
· Membedakan konflik dengan kekerasan dalam masyarakat
· Mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat.
· Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial
· Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Jumlah pertemuan : 3 x pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendeskripsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial yang terdapat di masyarakat.
2. Mengidentifikasi berbagai konflik dalam masyarakat.
3. Membedakan konflik dengan kekerasan dalam masyarakat.
4. Mendeskripsikan sebab-sebab terjadinya konflik di masyarakat.
5. Mendeskripsikan proses terwujudnya integrasi dalam masyarakat.
6. Menjelaskankan faktor-faktor yang mempengaruhi integrasi sosial.
7. Menjelaskan faktor pendorong dan penghambat terwujudnya integrasi sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengaruh Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial
2. Konflik Sosial dan kekerasan
3. Integrasi Sosial
C. Metode Pembelajaran
- eksplorasi
- diskusi
- ceramah
- penugasan
D. Model Pembelajaran
Examples Non Examples
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Kegiatan Pendahuluan a. Guru mempersiapkan kelas untuk memulai pembelajaran. b. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan beberapa pertanyaan tentang stratifikasi sosial diferensiasi sosial dalam masyarakat. c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. d. Peserta didik mendengarkan cakupan materi pembelajaran. | 10menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Peserta didik memperhatikan beberapa gambar dan film tentang konflik yang ditayangkan melalui LCD. b. Peserta didik membentuk kelompok lalu mendiskusikan masalah yang terjadi dalam film atau gambar tersebut. c. Peserta didik membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. d. Peseta didik mendengarkan penjelasan guru tentang pengaruh diferensiasi sosial dan stratifikasi sosial dan konflik sosial. e. Membuat kesimpulan diskusi. | 70menit | |
3. | Kegiatan Penutup a. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. c. Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial. d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. e. Siswa diberi tugas untuk membuat kliping tentang konflik yang terjadi di tanah air dan memberi komentar tentang artikel tersebut. | 10menit |
Pertemuan II
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Kegiatan Pendahuluan a. Guru mempersiapkan kelas untuk memulai pembelajaran. b. Guru melakukan apersepsi dengan mengumpulkan tugas kliping tentang konflik sosial yang telah dibuat oleh peserta didik. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan untuk membahas masalah konflik sosial. c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. d. Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran | 15menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang integrasi sosial. b. Peserta didik dibagi dalam 2-3 kelompok kemudian mendiskusikan masalah konflik yang ada dalam klipingnya. c. Peserta didik membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. d. Peserta didik mensimulasikan pertikaian atau konflik yang terjadi dalam masyarakat. e. Membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelas. | 65menit | |
3. | Kegiatan Penutup a. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. c. Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial. d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 10menit |
Pertemuan III
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Kegiatan Pendahuluan a. Guru mengkondisikan kelas untuk memulai pembelajaran. b. Guru melakukan apersepsi bertanya tentang masalah integrasi sosial dalam masyarakat. Masalah-masalah apa saja yang bisa menyebabkan konflik sosial. c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. d. Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran. | 10menit | |
2. | Kegiatan Inti Melakukan diskusi dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Guru mempersiapkan gambar-gambar tentang integrasi sosial. 2) Guru menayangkan gambar melalui LCD. 3) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memperhatikan/ menganalisa gambar yang ditayangkan menggunakan LCD. 4) Melalui diskusi kelompok 2-3 orang, peserta didik mendiskusikan contoh kasus yang ada pada gambar, hasil diskusi dari analisa tersebut dicatat dalam kertas kerja. 5) Memberi kesempatan kepada tiap kelompok untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas. 6) Mulai dari komentar/ hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai. 7) Membuat kesimpulan diskusi | 60menit | |
3. | Kegiatan Penutup a. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. c. Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial. d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. | 10menit |
F. Sumber pembelajaran
1. Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS
2. Buku Sosiologi 2 SKKM SMA/MA Kelas XI, Penerbit Yudhistira.
3. Buku Sosiologi SMA/ MA Jilid 2 Kelas XI, Penerbit Erlangga.
4. Media massa seperti internet, majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
G. Media Pembelajaran
1. Video
2. Gambar-gambar yang relevan
H. Penilaian
1. Tes tertulis
2. Tugas kliping
3. Diskusi kelompok
Mengetahui: Mojokuto, _______
__________________ _________________
Kepala Sekolah SMA Guru Matapelajaran
1 komentar:
hebattt
Posting Komentar