Rabu, 28 Desember 2011

RPP Sosiologi Kelas XI Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SMA N 1 Mojokuto
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/semester            :  X I / 1
Program                     : IPS/ Ilmu Pengetahuan Sosial

Standar Kompetensi   : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik  dan mobilitas sosial.                                         
Kompetensi Dasar      : Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan  mobilitas sosial.                                         
Indikator                :
·         Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
·         Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
·         Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
·         Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
·        Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
·        Mendeskripsikan hubungan antaa struktur sosial dengan mobilitas sosial.  
Alokasi Waktu        : 6 x 45 menit
Jumlah Pertemuan  : 3 X Pertemuan

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      Mendeskripsikan bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
2.      Membedakan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
3.      Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.
4.      Mengidentifikasi cara-cara yang dilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
5.      Mendeskripsikan pengaruh mobilitas sosial terhadap kehidupan masyarakat.
6.      Mendeskripsikan hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

B.     Materi Pembelajaran

1.      Bentuk-bentuk mobilitas sosial di masyarakat
2.      Perbedaan mobilitas sosial dengan gerakan sosial
3.      Proses terjadinya mobilitas sosial
4.      Cara melakukan mobilitas sosial dan salurannya
5.      Hubungan mobilitas sosial dengan struktur sosial
6.      Pengaruh mobilitas sosial terhadap masyarakat.

C.    Metode Pembelajaran

  1. eksplorasi
  2. diskusi
  3. ceramah
  4. penugasan

D.    Model Pembelajaran

Examples Non Examples

E.     Langkah-Langkah Pembelajaran

        Pertemuan I
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.      Guru mempersiapkan kelas untuk memulai pembelajaran.
b.     Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan beberapa pertanyaan tentang mobilitas sosial.
c.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.     Peserta didik mendengarkan cakupan materi pembelajaran.



10menit

2.
Kegiatan Inti
a.     Peserta didik memperhatikan beberapa gambar tentang mobilitas sosial yang ditayangkan melalui LCD.
b.     Peserta didik membentuk kelompok lalu mendiskusikan masalah yang terjadi dalam film atau gambar tersebut.
c.     Peserta didik membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas.
d.     Peseta didik mendengarkan penjelasan guru tentang mobilitas sosial.
e.      Membuat kesimpulan diskusi.




70menit

3.
Kegiatan Penutup
a.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.     Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.      Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial.
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
e.      Peserta didik diberi tugas untuk wawancara di masyarakat mengenai mobilitas sosial.


10menit

 Pertemuan II
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.       Guru mempersiapkan kelas untuk memulai pelajaran.
b.     Guru melakukan apersepsi dengan mengumpulkan tugas hasil wawancara. Kemudian guru, mengumpan balik dengan pertanyaan tentang mobilitas sosial.
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
d.      Guru menyampaikan cakupan meteri pembelajaran.


10menit

2.
Kegiatan Inti
a.     Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang cara melakukan mobilitas sosial dan salurannya serta hubungan mobilitas sosial dengan struktur sosial.
b.     Peserta didik dibagi dalam 2-3 kelompok dan mendiskusikan artikel tentang 253 Pemenang Undian Beasiswa Tabungan Mandiri dari Columbia Group.
c.     Peserta didik membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
d.     Membuat kesimpulan atas hasil diskusi.



75menit

3.
Kegiatan Penutup
a.      Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama.
b.     Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c.      Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial.
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




5 menit

 Pertemuan III
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.      Guru mengkondisikan kelas untuk memulai pembelajaran.
b.      Guru menyampaikan tujuan diadakan ulangan blok.
c.      Peserta didik mendapat penjelasan cara-cara pengerjaan ulangan blok.


5 menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Peserta didik mendapatkan soal-soal ulangan.
b.     Peserta didik mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c.       Peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaannya.

80menit

3.
Kegiatan Akhir
a.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
b.     Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial.
c.       Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.  


5 menit


 F.      Sumber pembelajaran:
1.      Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS.
2.      Buku Sosiologi 2 SKKM SMA/MA Kelas XI, Penerbit Yudhistira.
3.      Buku Sosiologi SMA/ MA Jilid 2 Kelas XI, Penerbit Erlangga.
4.      Media massa seperti internet, majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

   G.      Media Pembelajaran
1.      Video
2.      Gambar yang relevan

   H.      Penilaian
1.      Tes tertulis.
2.      Tugas laporan wawancara siswa.
3.      Diskusi kelompok




Mengetahui:                                                          Mojokuto, ______




 _____________________                                         _______________
Kepala SMA N 1 Mojokuto                                   Guru Matapelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar