Selasa, 20 Desember 2011

Model-Model Pembelajaran

Model-model Pembelajaran

    1)   Examples Non-example
Contoh dari kasus atau gambar yang relevan dengan indikator dalam KD
Langkah-langkah :
1.    Guru mempersiapkan gambar
2.   Guru menempelkan gambar atau menayangkan gambar menggunakan OHP
3.   Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati gambar
4.   Melalui diskusi kelompok 2-3 orang, siswa menganalisis gambar dan mencatat analisisnya dalam kertas kerja
5.   Tiap kelompok diberi kesempatan untuk membacakan hasil diskusinya
6.   Melalui hasil diskusi dan komentar siswa, guru menjelaskan materi sesuai dengan indikator dalam KD
7.   Kesimpulan
    2)  Numbered Heads Together
(Kepala Bernomor)
Langkah-langkah :
1.    Siswa dibagi dalam kelompok, setipa siswa dalam kelompok mendapat nomor
2.   Guru memberi tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.   Kelompok mendiskusikan jawaban dan memastikan setiap anggota kelompok mengerjakannya/mengetahui jawabannya
4.   Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil diskusi
5.   Tabggapan dari siswa lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6.   kesimpulan
    3)  Cooperative Script (Skrip Kooperatif)
Skrip kooperatif, siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian materto yang dipelajari
Langkah-langkah :
1)   Guru membagi siswa untuk berpasangan
2)  Guru membagi materi kepada setiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3)  Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dab siapa sebagai pendengar
4)  Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin dengan memasukkan ide-ide pokok dengan materi lain
5)  Bertukar peran antara pembicara dan pendengar
6)  kesimpulan
    4)  Student Teams-Achievement
    Divisions

(Tim Siswa Kelompok Prestasi)
Langkah-langkah :
a.   Membentuk kelompok yang anggotanya .. 4 orang
b.   Guru menyajikan materi pelajaran
c.   Guru memberi tugas untuk dikerjakan, anggota kelompok yang mengetahui jawabannya memberikan penjelasan kepada anggota kelompok
d.   Guru memberikan pertanyaan/kuis dan siswa menjawab pertanyaan kuis dengan tidak saling membantu
e.   Pembahasan kuis
f.   Kesimpulan
    5)  Jigsaw (Model Tim Ahli)
Langkah-langkah :
1.    Siswa dikelompokkan dengan anggota .. 4 orang
2.   Tiap orang dalam tim diberi materi dan tugas yang berbeda
3.   Anggota dari tim yang berbeda dengan penugasan yang sama membentuk kelompok baru (kelompok ahli)
4.   Setelah kelompok ahli berdiskusi, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan menjelaskan kepada anggota kelompok tentang sub-sub yang mereka kuasai
5.   Tiap tim  ahli mempresentasikan hasil diskusi
6.   Pembahasan
7.   penutup
    6)  Mind Mapping
Sangat baik digunakan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
langkah-langkah :
1.    Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa (permasalahan mengandung alternatif jawaban)
2.   Membentuk kelompok dengan anggota 2-3 orang, mendiskusikan dan mencatat alternatif jawaban
3.   Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membacakan hasil diskusinya
4.   Guru mencatat dan mengelompokkan alternatif jawaban di papan tulis sesuai rancangan guru
5.   Siswa diminta membuat simpulan berdasarkan data di papan tulis atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
    7)  Make a Match (Mencari
    Pasangan)
Langkah-langkah :
1.    Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review (satu sisi kartu berupa kartu soal dan sisi sebaliknya berupa kartu jawaban)
2.   Setiap siswa mendapat satu kartu dan memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
3.   Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (kartu soal/kartu jawaban)
4.   Siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
5.   Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya
6.   Kesimpulan

    8)  Think Pair and Share
Langkah-langkah :
1.    Guru menyampaikan inti materi
2.   Siswa berdiskusi dengan teman sebelahnya tentang materi/permasalahan yang disampaiakn guru
3.   Guru memimpin pleno dan tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
4.   Atas dasar hasil diskusi, guru mengarahkan pembicaraan pada materi/permasalahan yang belum diungkapkan siswa
5.   kesimpulan
    9)  Debat
Langkah-langkah :
1.    Guru membagi dua kelompok siswa, kelompok pro dan kelompok kontra
2.   Guru memberi tugas membaca materi yang akan didebatkan
3.   Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara dan langsung ditanggapi oleh kelompok kontra, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mengemukakan pendapatnya
4.   Sementara siswa menyampaiakn gagasannya, guru mencatat ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis
5.   Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
6.   Atas dasar ide-ide di papan tulis, guru mengajak siswa membuat simpulan/rangkuman
1   10)  Role Playing
Langkah-langkah :
1.    Guru menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.   Guru menugasi beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya
3.   Guru membentuk kelompok dengan anggota 5 orang dan menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
4.   Siswa yang diberi peran sesuai skenario diminta memperagakan skenario
5.   Siswa dalam kelompok mengamati skenario yang diperagakan
6.   Selesai pementasan, kelompok membahas lembar kerja
7.   Tiap kelompok menyampaikan lembar kerjanya
8.   simpulan
1   11)   Group Investigation
Langkah-langkah :
1.    Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogin
2.   Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3.   Guru memanggil ketua kelompok untuk memberikan tuagas, triap kelompok mendapat satu tugas yang berbeda dengan kelompok lain
4.   Masing-masing kelompok membahas materi tugas secara kooperatif berisi penemuan
5.   Setelah selesai diskusi kelompok, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasannya
6.   Guru memberikan penjelasan dan simpulan
7.   penilaian
    12)Talking Stick
Langkah-langkah :
1.    Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.   Guru menyampaiakn Materi Pokok yang akan dipelajari, kenmudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada buku ajar
3.   Setelah membaca buku ajar, siswa diminta menutup bukunya
4.   Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa dengan menyampaikan pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa yang memegang tongkat, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab pertanyaan guru
5.   Guru memberikan kesimpulan
6.   Penilaian
    13)   Bertukar Pasangan
Langkah-langkah :
1.    Setiap siswa mendapat satu pasangan (pasangan dapat ditentukan oleh guru atau oleh siswa)
2.   Guru memberi tugas pada setiap pasangan
3.   Selesai mengerjakan tugas, anggota pasangan bergabung dengan pasangan baru
4.Dalam pertukaran pasangan, mereka saling mengemukakan jawaban tugas
5.   Temuan baru yang diodapat dalam pertukaran pasangan, kemudian disampaiakn kepada pasangan semula
    14)  Value Clarification technique
(VCT – Teknik Pembinaan Nilai)
Langkah-langkah :
1.    Guru merumuskan dan mengemukakan masalah
2.   Siswa mengumpulkan data yang berhubungan dengan masalah yang dikemukakan guru
3.   Siswa membandingkan dan menganalisis data sebagai adsar pertimbangan untuk menentukan nilai yang akan dipilihnya
4.   Siswa menentukan sikap dengan mengemukakan alasannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar