RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Mojokuto
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X I / 1
Program : IPS/ Ilmu Pengetahuan Sosila
Standar Kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
Indikator :
· Menjelaskan hakikat struktur dan deferensi sosial
· Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan gender.
· Mendeskrispsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat dalam masyarakat.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Jumlah Pertemuan : 1 X Pertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Menjelaskan hakikat struktur dan deferensi sosial.
2. Mengidentifikasi deferensiasi sosial berdasarkan ras, etnis, agama, dan gender.
3. Mendeskrispsikan berbagai pengaruh diferensiasi sosial yang terdapat dalam masyarakat.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat struktur sosial dan diferensiasi sosial.
2. Deferensiasi sosial berdasarkan ras.
3. Deferensiasi sosial berdasarkan etnis.
4. Deferensiasi sosial berdasarkan agama.
5. Deferensiasi sosial berdasarkan gender.
6. Pengaruh deferensiasi sosial
C. Metode Pembelajaran
- Eksplorasi
- Diskusi
- Ceramah
- Tugas mandiri
D. Model Pembelajaran
Jigsaw (model tim ahli)
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | |
1. | Kegiatan Pendahuluana. Guru mengkondisikan kelas untuk memulai pembelajaran. b. Melakukan apersepsi, menanyakan kepada peserta didik beberapa pertanyaan tentang konflik dan kekerasan. c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. d. Guru menyampaikan cakupan materi pembelajaran | 10menit | |
2. | Kegiatan Inti a. Eksplorasi 1) Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang konflik dan kekerasan dengan menggunakan aneka sumber. 2) Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya. b. Elaborasi Melakukan diskusi dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Peserta didik dikelompokkan ke dalam 4 anggota tim. 2) Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda. 3) Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan. 4) Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/ sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka. 5) Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh. 6) Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi 7) Guru memberi evaluasi 8) Pembahasan c. Konfirmasi 1) memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik. 2) memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber. 3) memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. 4) memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar. | 70menit | |
3. | Kegiatan Penutup a. Guru bersama peserta didik membuat rangkuman atas seluruh materi yang telah dipelajari bersama. b. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. c. Merencanakan tindak lanjut dengan melakukan pengayaan, remidial. d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. |
F. Sumber pembelajaran
1. Buku Sosiologi SMA kelas 2 ESIS.
2. Buku Sosiologi 2 SKKM SMA/MA Kelas XI, Penerbit Yudhistira.
3. Buku Sosiologi SMA/ MA Jilid 2 Kelas XI, Penerbit Erlangga.
4. Media massa seperti internet, majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
G. Media
1. Gambar-gambar yang relevan
2. Power Point
H. Penilaian
1. Tes tertulis
2. Diskusi kelompok
Mengetahui: Mojokuto, __________
_____________________ _______________
Kepala Sekolah SMA Guru Matapelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar